Konsultan Desain Arsitektur, Interior dan Lansekap

Konsultan Desain Arsitektur, Interior dan Lansekap

Selasa, 25 Mei 2010

Mengapa anda membutuhkan Arsitek ?

Peran Arsitek dalam mendesain bangunan?

Arsitek ibaratnya adalah seorang pewujud mimpi dari sang pemimpi. Sang pemimpi di sini adalah klien yang mengharapkan sebuah tempat yang indah, unik, nyaman dan sesuai dengan yang didamba-dambakannya untuk mewadahi aktivitasnya. Bisa rumah, villa, kantor, resto, cafe, maupun mall sekali pun. Karena tugas arsitek memang sangat l
uas. Hampir semua bangunan yang ada di dunia ini didesain oleh arsitek. Namun yang akan saya jadikan contoh pada kesempatan ini adalah rumah.Rumah adalah skala bangunan paling kecil dan paling pribadi untuk manusia. Oleh karena itu, sebuah rumah harus sesuai dengan karakter aktivitas manusia penghuni rumah tersebut dan dapat memberikan rasa aman serta nyaman dalam melakukan segala aktivitas dalam rumah itu, dan bahkan untuk aktivitas paling pribadi. Seperti yang kita tahu, karakter manusia pasti kan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Jadi setiap rumah seharusnya berbeda-beda, tidak ada yang menyamai (unik). Dan tugas arsitek adalah menterjemahkan karakter-karakter manusia yang unik tersebut menjadi sebuah rumah yang unik juga.

Karakter aktivitas di rumah di sini bukan hanya mengenai tidur, makan, nonton TV, mencuci, dll. Namun mengenai hal yang lebih detil. Misalnya ada sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak yg masing-masing 2 th dan 6 th. Mereka memilik sebuah lahan yang sangat kecil di tengah kota, namun mereka ingin merasakan kelegaan ketika berada di rumah. Maka dibuatlah furnitur yang fleksibel (sewaktu-waktu bisa dihilangkan atau dimunculkan, seperti gambar di bawah). Dan karakter denah yang tanpa sekat (open plan), seperti gambar ruang keluarga di bawahnya lagi.



Selain itu, keluarga ini baru memiliki anak-anak yang masih kecil. Sehingga perlu perhatian yang lebih dari orang tua. Oleh karena itu, kamar-kamar diletakkan di satu area, dan dapat saling menyatu dengan sekat geser dan pintu. Sehingga orang tua dapat mengontrol anak setiap waktu ketika dibutuhkan.

Calon penghuni rumah ini juga sering mengadakan arisan dan pengajian untuk mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar. Sehingga rumahnya memerlukan ruang pertemuan. Padahal lahan yang dimiliki sangat mini. Sang arsitek pun tidak kehilangan akal, teras pun dapat diperluas sampai ke ruang keluarga, dengan adanya rak buku sekaligus dinding yang bisa diputar.
Itulah sedikit kisah tentang bagaimana arsitek menterjemahkan suatu keadaan dari penghuni rumah menjadi desain rumah. Lalu perlukah anda mendesain rumah dengan jasa arsitek? Mendesain sebuah rumah bukan hanya membuat rumah tersebut terlihat indah. Namun bagaimana menjadikan rumah tersebut layak huni (sehat, aman, dan nyaman) serta sesuai dengan keunikan aktivitas dan rutinitas dari penghuni rumah. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kemampuan dalam memadukan berbagai aspek-aspek yang menjadi pertimbangan menjadi sebuah perpaduan yang harmonis.

Aspek-aspek yang jumlahnya cukup banyak tadi ibaratnya adalah puzle yang masih sangat berantakan. Untuk dapat menyusun puzle tersebut dengan tepat, diperlukan pengetahuan tentang perkiraan gambar apa yang akan muncul setelah puzle tersebut tersusun. Jika tidak mempunyai gambaran tentang perkiraan gambar tersebut, pasti sulit untuk menemukan perpaduan yang tepat. Begitu juga dengan desain rumah, bila tidak memiliki pengetahuan tentang perkiraan desain yang akan muncul setelah memadukan beberapa aspek yang menjadi pertimbangan, akan sulit menemukan perpaduan yang tepat.
Misalnya saja Jonny dan Jenny memiliki sebuah lahan untuk rumah impiannya. Mereka memiliki banyak sekali keinginan untuk rumah mereka. Namun lahan yang mereka miliki sangat kecil. Untuk memasukkan semua keinginan dan kebutuhan Jonny dan Jenny diperlukan cara yang tidak biasa. Dan tidak semua orang visa mewujudkan keinginan pasangan tersebut. Pada saat itulah mereka perlu mencari arsitek untuk mewujudkan rumah impian mereka. Karena arsitek dibekali kemampuan untuk mewujudkannya. "Itulah alasan mengapa anda membutuhkan Arsitek dalam mendesain bangunan impian anda..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar